Kamis, 08 Januari 2015

Memahami Bahaya Korosi Pada Peralatan Pabrik Kimia





Sebagian besar pabrik kimia memilih lokasi di tepi laut dengan alasan pada umumnya untuk memudahkan logistik berupa akses bahan baku dan pemasaran. Pertimbangan lainnya daerah tepi laut umumnya tidak banyak penduduk sehingga dampak lingkungan lebih kecil daripada di daerah padat penduduk. Tetapi kondisi tepi laut dengan udara lembab dan korosif sangat membahayakan logam-logam yang digunakan dalam proses pabrik kimia tersebut. Pemilihan logam yang sesuai dan perawatan yang baik peralatan pabrik kimia tersebut akan memperpanjang masa pakai dan safety pada operasional pabrik.



Korosi bila tidak diperhatikan awalnya kelihatan sepele. Tetapi seiring waktu akan menjadi masalah besar sehingga menjadi persoalan serius yang berbahaya. Sebuah tangki bisa bocor atau bahkan collapse akibat serangan korosi.Kebocoran pipa juga bisa berakibat fatal akibat serangan korosi. 




Proses dalam pabrik kimia itu sendiri juga menghasilkan bahan-bahan seperti asam kuat yang juga sangat korosif bagi logam. Untuk itulah pengenalan berbagai material logam pada alat pabrik kimia sangat penting sehingga pemahaman untuk  pemilihan jenis logam dan perawatannya dimiliki oleh semua orang terutama yang terlibat pada proses produksinya. Sebuah kit yang membantu untuk memberi pemahaman akan korosi tersebut menjadi sangat dibutuhkan.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar